Marquez ingin samakan rekor John Sturtees

14 August 2014

Setelah menang 10 kali beruturut-turut, Marc Marquez kini ingin menyamakan rekor John Sturtees yang menang 11 kali beruturut-turut.

Sebenarnya prestasi yang diukir Marquez ini masih jauh dari apa yang telah dibuat oleh sejumlah pembalap lain. Selain Sturtees, ada Mike Hailwood yang menang 12 kali atau  Giacomo Agostini yang menang 10 kali berturut-turut pada tahun 60-an dengan mesin MV Agusta.
 
Rekor tersebut sudah cukup lama bertahan karena balap motor terus berkembang dan persaingan semakin ketat. Dalam sejarah balap motor modern saat ini, Marquez sudah menyamakan prestasi yang diukir Mick Doohan pada tahun 1997 dimana mereka sama-sama tim yang sama yaitu Repsol Honda.

Balapan selanjutnya akan diadakan di Brno, Minggu (17/8). Meski mengaku bukan trek favoritnya, Marquez punya catatan baik dengan sirkuit tersebut dengan menang di dua balapan sebelumnya , tahun lalu dan ketika masih di Moto2. "Kami melakukan tes di sana bulan lalu dan meski grip-nya kurang, saya harap data yang kami kumpulkan bisa membantu!" kata Marquez.
 
Sirkuit Brno terkenal lebih cocok untuk motor Yamahq dibanding Honda. "Semua tahun bahwa Yamaha kuat di Brno sehingga kami harus bekerja keras sejak hari Jumat untuk memberikan peluang terbaik di hari Minggu," ujar Marquez.