Tips hadapi jalan berlubang-lubang

06 August 2014

Harus diakui kondisi jalanan di Indonesia masih banyak yang berlubang-lubang, padahal baru diperbaiki sudah cepat rusak lagi. Menghadapi kondisi jalan seperti ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk agar Anda tetap aman di perjalanan.

1. Posisi tubuh
Posisi tubuh yang benar bisa membantu Anda agar tidak terpelanting ketika melibas lubang jalan.
- Posisi kaki: Untuk pengendara motor bebek atau matic usahakan agar kaki dalam posisi tertutup, tidak direnggangkan. Sedangkan untuk pengendara motor sport dengan tangki di atas, posisi kaki menjepit tangki bahan bakar.  
- Posisi tangan:
Tangan ditekuk sekitar 30 derajat, tidak boleh lurus.

Posisi tubuh seperti ini bisa membantu agar posisi tubuh tetap vertikal sehingga saat melewati lubang, posisi stang bisa tetap lurus sehingga motor masih melaju lurus dan bisa dikendalikan.

2. Pengereman
Hindari pengereman mendadak karena bisa menyebabkan ban terkunci dan terjadi slip. Jika hal ini terjadi pengendara motor jadi sulit menghindari lubang. Usahakan untuk bisa melakukan pengereman secara bertahap.

Jika Anda tidak bisa menghindari lubang dan terlambat melakukan pengereman, Anda justru jangan mengerem saat ban depan menyentuh lubang agar motor tetap bisa dikendali. Tentunya dengan postur tubuh yang benar sehingga bisa mengendalikan motor dengan baik.