FDR beri dukungan teknis untuk semua tim balap Indoprix

04 April 2014

FDR terpilih kembali menjadi ban resmi balap motor Indoprix 2014. Atas kepercayaan ini, team FDR telah berbenah dalam persiapan secara menyeluruh baik produk dan teknis guna mensukseskan  penyelenggaraan ajang bergengsi ini. Selain menjadi sponsor acara ini, FDR juga akan memberikan dukungan teknis untuk semua tim balap yang akan berlaga.

Melalui tim teknisnya FDR siap memberikan masukan dan saran teknis terkait ban kepada pembalap dan tim, termasuk proses pengganti ban saat event berjalan. Hal ini dimaksudkan agar pembalap dan tim bisa fokus untuk pengaturan mesin dan menyiapkan strategi balap. Selain itu, tim FDR juga mempersiapkan data-data terkait dengan masing-masing sirkuit seperti temperatur trek, temperatur udara, kecepatan angin dan lain-lain yang bisa dimanfaatkan oleh tim balap.

Mengikuti regulasi yang berlaku selama ini di event balap Indoprix, setiap pembalap Indoprix 2014 kali ini akan menggunakan ban FDR. “ Kami memahami mengapa kebijakan Indoprix selama ini selalu mono tire, bahwa ajang balap bergengsi ini akan mengerucut pada kompetisi skill pembalap serta tim dalam mempersiapkan mesin motor dan strategi sebaik mungkin untuk meraih Best of the Best,” kata Herry Junaidi, direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Ditegaskan lagi oleh Herry bahwa para pembalap boleh bebas memilih ban balap FDR yang akan digunakan, sesuai strategi masing-masing tim. “FDR sudah meyiapkan varian ban balap yang lengkap untuk berbagai karakter sirkuit dan kondisi cuaca di Indonesia (wet & dry tire),” katanya.

Ban balap FDR
Untuk Indoprix 2014, FDR menyediakan varian ban balap FDR untuk dipilih oleh pembalap sesuai dengan kebutuhannya, antara lain :
1.    Sport FR75: Ban slick untuk sirkuit permanen dengan kondisi kering dan temperatur tinggi.
2.    Sport MP96: Ban semi-slick cocok untuk sirkuit permanen dengan banyak tikungan panjang.
3.    Sport MP27: Ban balap yang dirancang khusus untuk kondisi sirkuit kering.
4.    Sport MP57: Ban balap yang dirancang khusus untuk sirkuit kering dan dingin.
5.    Sport MP76: Ban balap yang dirancang khusus untuk kondisi sirkuit kering atau basah.
6.    Sport XR: Ban balap motor untuk kondisi trek basah atau hujan.
7.    Sport XT: Cocok untuk balap motor dalam kondisi kering, basah atau hujan.
Disarankan untuk penggunaan ban depan dan dipasangkan dengan Sport XR.

Tim FDR akan selalu memantau performa ban balap FDR pada setiap event balap. Boleh dikata semua trek balapan di Indonesia sudah pernah digilas ban FDR, termasuk sirkuit Sekayu di Palembang yang tahun ini akan dipakai lagi untuk balapan Indoprix nanti. “Bagi FDR Sirkuit Sekayu bukanlah sirkuit baru, FDR sudah beberapa kali mencobanya, seperti event Indoprix pada 2007 dan ajang tingkat Asia, yaitu Yamaha Asean Cup Race di tahun yang sama,” kata Riza, Dept. Head Marketing PT SRI. Terbukti saat itu ban FDR sebagai official tire sukses menaklukan sirkuit Sekayu di dua event besar tersebut.

FDR akan terus mengembangkan ban balap untuk Indonesia. Ajang balap seperti Indoprix ini bahkan menjadi media yang baik untuk mendapatkan informasi langsung serta untuk melakukan pengembangan ban sesuai perkembangan teknologi mesin, pembalap dan karakter sirkuit. Dengan dukungan ini kami mengharapkan olah raga balap motor Indonesia bisa makin maju dan berkembang sampai ke jenjang International.