FDR Menanam Untuk Masa Depan

23 August 2013

Sebagai bentuk peran serta dan tanggung jawab bagi lingkungan, FDR menyelenggarakan progam “FDR Menanam Untuk Masa Depan,” yaitu kegiatan menaman pohon di Desa Kopo, Cisarua, Bogor, Kamis (22/8).

“Kami namakan program ‘FDR Menanam Untuk Masa Depan’ karena pohon-pohon yang kami tanam hari ini manfaatnya akan dirasakan oleh generasi yang akan datang,” kata Dikkie Darwanto, Presiden Direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR.  

Kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-22 PT SRI ini diberi nama gerakan “Satu Karyawan Satu Pohon” (Saka Sapo). Sebanyak 2500 pohon yang ditanam mewakili jumlah karyawan  yang bekerja di PT SRI.  

Bekerja sama dengan Kelompok Tani Cijulang Asri, FDR akan menanam pohon-pohon di sepanjang hulu sungai Ciliwung  di kawasan Puncak untuk membantu mencegah erosi dan perbaikan resapan air di daerah tersebut. “Kami berharap kegiatan yang kami lakukan hari ini juga bisa turut mengurangi potensi banjir di Jakarta,” kata Dikkie.

Selain itu juga, ada sebanyak 200 pohon buah, seperti pohon jambu, rambutan, jeruk dan lain-lain yang akan ditanam di sekitar rumah warga. Setiap warga dibebaskan memilih pohon buah yang ditanam sehingga diharapkan mau merawat pohon-pohon tersebut dan dalam beberapa tahun ke depan warga bisa menikmati hasilnya.

Dalam kegiatan ini FDR juga membangun dua sumur serapan air yang merupakan sumur serapan pertama di wilayah tersebut. “Setelah tahu warga sering mengalami kesulitan air saat musim kemarau kami berusaha memberikan solusi dengan membangun sumur serapan,” kata Dikkie lebih lanjut.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan sehingga diharapkan program tanam pohon seperti ini tidak akan berhenti dilakukan pada hari ini saja dan rencananya akan dilakukan di berbagai tempat yang lain.