Bagaimana pilih ban yang tepat untuk motor?

27 June 2012

Tampil gaya boleh saja tapi pertimbangkan juga kebutuhan dan keselamatan Anda saat memilih ban untuk motor. Saat ini ada banyak jenis ban yang ada di pasaran. Ada ban sehari-hari, ban balap atau ban untuk motor cross. Ukuran ban dan pelek pun beragam. Tidak perlu bingung, perhatikan tiga hal berikut ini saat Anda membeli ban:

  1. Tipe ban. Ban balap mungkin tampak keren namun, bisa jadi tidak cocok jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang melewati medan jalanan yang beragam. Ban balap tidak memiliki daya cengkram yang kuat saat melintasi jalanan yang berpasir dan berlumpur. Kalau begitu, apakah lebih baik memakai ban motor cross? Jawabannya tidak juga. Ban motor cross mungkin baik untuk medan yang berpasir dan berlumpur namun, bisa kehilangan traksi saat melewati jalanan yang berbelok-belok. Tentukan kebutuhan, maka Anda tahu ban apa yang sesuai untuk Anda.
  2. Ukuran pelek. Pemilihan pelek yang tidak sesuai dengan ukuran ban bisa membahayakan pengemudi. Ban yang dipasang sebaiknya tidak lebih lebar atau lebih sempit dari pada ukuran pelek motor Anda. Jika tidak, Anda akan kesulitan mengendalikan motor, apalagi kondisi jalanan tidak selalu mulus, terkadang hujan, berpasir atau banyak tikungan. Ukuran pelek yang tidak sesuai dengan ban membuat ban jadi meninggi atau melebar dari ukuran yang seharusnya. Jika pelek lebih kecil daripada ban, bentuk roda membundar seperti donat. Bagian bibir ban tertarik ke dalam pelek. Sebaliknya, jika ukuran ban lebih kecil dibanding pelek bibir ban akan tertarik keluar.
  3. Ukuran ban. Mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar memang membuat tampilan motor lebih keren. Sebagian biker memilih untuk menggantinya dengan ban yang lebih kecil agar tampil lebih ramping. Namun, mengganti ban rekomendasi pabrikan dengan ban yang ukurannya lebih besar akan membuat motor terasa sedikit lebih berat. Jika mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil memang membuat motor bisa melaju kencang tapi risikonya pengendalian motor jadi lebih liar. Urusan keselamatan harus jadi pertimbangan nomor satu saat Anda memilih ban.