Untung rugi mengisi ban dengan gas nitrogen

29 June 2012

Selain mengisi ban dengan angin Tahukah Anda, ada alternatif lain untuk mengisi ban angin ban, yaitu dengan nitrogen. Sebelum Anda memutuskan mengisi ban dengan nitrogen, ada baiknya Anda cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan mengisi ban motor dengan nitrogen.

Kelebihannya...

  1. Anda tidak perlu terlalu sering isi angin. Nitrogen tidak mudah keluar dari pori-pori ban karena partikelnya lebih besar dari pada angin yang biasa untuk mengisi ban.
  2. Tekanan angin di dalam ban lebih stabil, mengurangi risiko kecelakaan akibat pecah ban. Sifat nitrogen yang dingin dan tidak mudah panas dan bereaksi sehingga tekanan stabil meski melaju dalam kecepatan tinggi.
  3. Ban jadi lebih awet karena tidak terjadi oksidasi pada karet ban.
  4. Pelek terhindar korosi. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada kandungan uap air yang dimiliki ban yang diisi nitrogen.
  5. Lebih hemat bahan bakar karena tekanan ban yang tepat meringankan kerja mesin.

Kekurangannya...

  1. Anda harus bayar lebih mahal. Biaya mengisi ban dengan nitrogen bisa dua kali lipat dari biaya yang Anda keluarkan untuk mengisi ban dengan angin.
  2. Lebih sulit mendapatkannya. Tidak seperti pengisian angin yang ada di semua tempat tambal ban.
  3. Sekali Anda memutuskan untuk mengisi ban dengan nitrogen, Anda juga harus siap untuk pengisian selanjutnya karena sangat disarankan untuk menambahkannya dengan nitrogen juga.