4 hal yang pengaruhi umur ban motor

10 July 2012

Sama seperti manusia, ban ternyata juga ada usianya. Ban yang sudah tua alias sudah botak atau rusak harus segera dipensiunkan dan diganti dengan yang baru. Ada 4 hal yang bisa mempengaruhi usia ban yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Jenis ban. Setiap jenis ban memiliki kompon yang berbeda-beda. Ada ban yang terbuat dari kompon lunak, keras atau medium. Kompon ini adalah karet lapisan terluar yang menyelimuti ban. Jika Anda menggunakan ban dengan kompon lunak, maka saat berakselerasi dan saat melewati tikungan motor akan memiliki traksi yang lebih baik. Namun, ban dengan kompon lunak lebih cepat aus. Semakin keras komponnya ban akan tahan lebih lama atau dengan kata lain umurnya lebih panjang. Jika Anda memilih ban dengan kompon lunak, siap-siap untuk mengganti ban lebih cepat dibandingkan mereka yang memakai ban dengan kompon medium atau keras. Sebaiknya sesuaikan pemilihan jenis ban dengan kebutuhan Anda.
  2. Balancing ban. Sudahkah Anda balancing ban? Banyak yang menganggap sepele hal ini. Namun, ternyata ban yang seimbang umurnya lebih tahan lama. Kondisi ban yang tidak seimbang membuat keausan permukaan ban tidak merata. Akibatnya usia ban jadi pendek, termasuk memperpendek umur komponen suspensi lainnya. Sebaiknya lakukan balancing ban saat pertama kali dipasang atau setelah perbaikan. Idealnya setiap 3000-4000 km Anda lakukan balancing ban lagi.
  3. Gaya mengemudi. Kontak dengan permukaan aspal akan lama-lama akan menggerus ban. Jika Anda adalah pengemudi agresif yang selalu mengendari motor dalam kecepatan tinggi, jangan heran jika umur ban Anda tidak lama. Berkendara dalam kecepatan tinggi, melewati tikungan dengan cepat dan akselerasi cepat bisa mengurangi usia ban motor lebih cepat dibanding pengendara yang menunggangi motornya dalam kecepatan yang normal.
  4. Kondisi jalan. Jika Anda sering melewati jalanan yang berlubang-lubang, permukaan tidak rata, berbatu-batu atau bahkan tidak dilapis aspal, Anda akan lebih cepat mengganti ban motor. Kondisi jalanan yang tidak beraspal atau rusak bisa memperpendek usia ban motor dibanding ban yang melewati jalanan yang dengan aspal mulus. Selain itu, suhu permukaan aspal yang ekstrim, seperti terlalu panas, bisa memperpendek umur ban motor Anda.