Yuk, rawat motor!

02 August 2012

Banyak pengendara motor yang sering lupa untuk menjaga motor. "Ah... tapi kan motor masih baru," mungkin Anda berpikir seperti itu. Motor memang baru tidak membutuhkan banyak perawatan seperti motor tua, tapi motor tetap membutuhkan perawatan lebih dibanding kendaraan bermotor lainnya.

Anda tidak perlu menjadi mekanik yang tahu bagaimana mengganti oli, ban dan lain-lain tapi Anda perlu tahu perawatan dasar apa saja yang diperlukan oleh motor Anda. Rutin merawat motor bisa membantu mengurangi kerusakan besar yang bisa terjadi tanpa Anda duga-duga.

Cek reguler Setiap bagian motor perlu dicek secara rutin namun, jika harus memeriksa satu-satu tentu bisa menghabiskan waktu Anda. Sebenarnya cukup 6 bagian yang paling penting dan paling sering diperiksa secara reguler, yaitu:

  • Baterai
  • Rem
  • Oli
  • Bahan bakar
  • Rantai
  • Sprocket

Jaga bagian penting dengan cara:

  1. Mengganti cairan rem setiap 1-2 tahun sekali. Seiring waktu cairan rem akan terus berkurang kemampuannya.
  2. Cek tali rem secara rutin untuk melihat kondisinya. Ganti jika tali rem sudah terlalu tipis.
  3. Minyaki rantai motor setelah Anda mengendarai saat motor masih dalam keadaan panas dan pastikan menutupi seluruh rantai.
  4. Filter bahan bahan sebaiknya diganti setiap dua tahun sekali. Cek apakah ada sesuatu yang menyumbat filter.
  5. Isi penuh oli sebelum Anda berkendara saat motor masih dalam keadaan dingin. Menerapkan beberapa tips ini bisa menjaga motor Anda awet lebih lama.