Pakai ban FDR, Tim-tim Indonesia dominasi Shell Eco Marathon 2019

02 May 2019

Tim-tim Indonesia yang menggunakan ban FDR mendominasi kejuaraan Shell Eco Marathon 2019 kelas Urban Concept yang diadakan di Sepang, Malaysia 29 April – 2 Mei 2019

 

“Kami merasa bangga dan kami ucapkan selamat atas prestasi dari teman-teman mahasiswa. Tidak hanya berhasil jadi juara di berbagai kelas yang diikuti,” kata Elsafan Rendianto, promotion departement head PT Surayaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengirimkan tiga tim di kelas Urban Concept dan ketiga tim tersebut mendapat podium di kelasnya masing-masing, ITS Team Sapuangin juara 1 di kelas Internal Combustion Engine (ICE), tim Nogogeni juara 2 kelas Battery Electric dan Antasena juara 2 kelas Hydrogen. Semua tim tersebut menggunakan ban prototype FDR baik yang ukuran 90/80 R16 maupun ukuran 90/80-17.

 

“Ban FDR terbukti bagus, baik ring 16 maupun ring 17, maupun pemakaiannya di mix, tiap tim ada peningkatan hasil yang memuaskan. Tim Sapuangin bahkan bisa mencapai 400km/L saat latihan menggunakan ban FDR,” ujar Vito Hanif Addinuri, non-technical manager ITS Team Sapuangin.

 

Ban prototype FDR berteknologi Eco Smart Tire punya tahanan gelinding rendah. “Hal ini mengakibatkan daya gelinding ban menjadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” kata Jimmy Handoyo, technical development department head PT SRI.

 

Selain mendominasi kejuaraan SEM, Tim Antasena juga keluar sebagai juara kedua saat kualifikasi Driver’s World Championship dan menjadi salah satu wakil Asia untuk bersaing dengan perwakilan Eropa dan Amerika dalam ajang DWC 2019 yang akan digelar di London mendatang.

 

“Kita sempat ada masalah mesin saat latihan untuk DWC dan hanya ada waktu 15 menit untuk memperbaiki sehingga tidak mendapat posisi start yang bagus. Alhamdulillah kita sempat memimpin 2 lap namun, di lap terakhir kita di salip oleh tim Nanyang,” kata Ade siti Fatimah, non-technical manager tim Antasena.

 

Berikut hasil Shell Eco Marathon 2019 yang menggunakan ban FDR:

 

Kelas Urban Concept, Internal Combustion Engine (ICE)

Peringkat

Universitas

Nama tim

1

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS Team Sapuangin

2

Universitas Negeri Yogyakarta

GARUDA UNY ECO TEAM

4

Universitas Gadjah Mada

SEMAR URBAN UGM INDONESIA

5

Universitas Diponegoro

Antawirya

8

Universtias Negeri Semarang

Pandawa

 

Kelas Urban Concept, Battery-electric

Peringkat

Universitas

Nama tim

2

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Nogogeni ITS Team 1

3

Universitas Pendidikan Indonesia

BUMI SILIWANGI TEAM 4

4

Universitas Brawijaya

Apatte 62 Team

5

Universitas Muhammadiyah Malang

Mekatronic Team 1

 

Kelas Urban Concept, Hydrogen

Peringkat

Universitas

Nama tim

2

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS Team 5