Yuk, uji langsung teknologi EST ban FDR di IIMS

29 April 2019

Sejak 2014 FDR sudah mengenalkan teknologi Eco Smart Tire (EST) yang bisa membuat konsumsi bahan bakar hemat hingga 7,1% dibanding motor yang menggunakan ban reguler. Namun, apakah ada cara mudah untuk membuktikannya?

“Kunjungi booth FDR di Indonesia International Motor Show 2019, akan ada display interaktif dimana para pengunjung bisa membuktikan sendiri kelebihan ban FDR dengan kompon ban berteknologi EST,” kata Anang Nilanto, presiden direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Display uji coba teknologi EST ini terbuat dari lintasan melengkung seperti huruf “U” landai dan dua bola yang berbeda kompon. Satu bola menggunakan kompon ban regular sedangkan bola yang satunya lagi menggunakan material berteknologi EST.

Dua bola tersebut kemudian dilepaskan pada waktu yang bersamaan di lintasan melengkung tersebut. Hasilnya, bola kompon EST akan menggelinding lebih lama dibanding bola kompon regular. Untuk benar-benar membuktikan kelebihan teknologi EST, kedua bola karet kompon tersebut memiliki berat dan volume yang sama yang berbeda hanya racikan materialnya. 

“Pengunjung bisa rasakan bahwa kedua bola kompon tersebut tampak tidak ada bedanya dari segi warna, berat, bentuk, hingga teksturnya,” kata Jimmy Handoyo, technical service & development department head PT SRI.  

Bola kompon dengan teknologi EST bisa menggelinding lebih lama dibanding bola regular karena racikan kompon EST memiliki low rolling resistance atau tahanan gelinding yang rendah. “Efeknya, kerja mesin motor akan lebih ringan sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih sedikit,” kata Jimmy lebih lanjut.

Saat ini sudah ada dua varian ban FDR yang menggunakan teknologi EST, yaitu Facio EST dengan ukuran 80/90-14TL & 90/90-14 TL serta Sport XR Evo EST dengan ukuran 80/80-14 TL & 90/80-14 TL. “Untuk para pengunjung yang penasaran bagaimana cara kerja ban FDR berteknologi EST ini bisa menghemat konsumsi BBM, ayo kunjungi booth FDR di  Hall C3, booth C57 & C59,” kata kata Elsafan Rendiantor, FDR Promotion Department Head PT SRI.

IIMS 2019 dimulai sejak 25 April hingga 5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Nikmati diskon hingga 25% dan hadiah langsung setiap pembelian ban FDR di IIMS 2019.