Deklarasi FDR Riding Culture ajak komunitas motor peduli keselamatan berkendara

27 April 2017

Sebagai produk ban sepeda motor, FDR selalu berusaha menghasilkan produk-produk yang berkualitas, aman dan selalu mengkampanyekan keselamatan berkendara. Itulah sebabnya bertepatan dengan acara FDR Day di Batu, Malang, Sabtu (9/3), FDR mengajak ribuan komunitas motor yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam deklarasi FDR Riding Culture. 

“Ada tiga nilai yang diusung dalam FDR Riding Culture, yaitu Safe, Care dan Respect atau keselamatan, kepedulian dan saling menghormati,” kata Chamilus Ali Santo, direktur marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

Pertama adalah “safety” atau keselamatan. Dalam berkendara kita harus senantiasa mengutamakan keselamatan berkendara, baik keselamatan diri kita sendiri, begitu juga pengguna jalan lainnya.

Kedua adalah “care” atau kepedulian terhadap sesama maupun lingkungan hidup. Contoh paling sederhana dalam menunjukkan kepedulian kita terutama saat berkendara adalah dengan membuang sampah pada tempat nya.

“Banyak dari kita yang suka lupa naik motor sambil makan-minum lalu kemasannya dibuang begitu saja di pinggir jalan. Ayo, tunjukkan bahwa kita adalah pengendara motor yang peduli lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya,” ujar Chamilus. 

Terakhir adalah “respect” atau saling menghormati, juga menjadi hal yang sangat penting bagi kita pengendara motor untuk menghargai pengguna jalan lain, memberi  jalan bagi yang lebih membutuhkan seperti ambulance atau pemadam kebakaran.

“Deklarasi FDR Riding Culture ini juga bagian dari FDR untuk berpartisipasi  menyukseskan Millenial Road Safety Festival yang diadakan oleh kepolisian,“ kata Chamilus.

Sebelum FDR Riding Culture dideklarasikan, FDR sudah mengajak sejumlah komunitas motor untuk menerapkan nilai “Care” atau peduli terhadap lingkungan. FDR mengajak sejumlah sejumlah komunitas motor dari Surabaya touring menuju Pantai Tiga Warna untuk melakukan kegiatan menanam pohon bakau dan ikut serta dalam pelestarian terumbu karang.

“Selain itu, di acara FDR Day kita juga memberikan donasi untuk anak yatim piatu yang ada di sekitar lokasi FDR Day dan pemberian 600 buku bagi para siswa di Malang dan sekitarnya yang membutuhkan bantuan,” ujar Taufik Nugraha dari bagian corporate social responsibility FDR. 

Tidak hanya pada komunitas motor saja, FDR juga sudah menerapkan FDR Riding Culture dengan melakukan edukasi ke para pelajar. Tahun lalu FDR mengadakan “Youth Ride To Safety” dimana pada acara tersebut, FDR mengajarkan keselamatan berkendara pada para pelajar SMU. “Tidak hanya edukasi di kelas saja, kita juga mengajak para siswa dan guru untuk mempraktikan cara naik motor yang aman,” ujar Chamilus lebih lanjut.