FDR YOURS ajak pelajar untuk aman berkendara

17 October 2018

Tahukah Sobat FDR, dalam satu tahun ada lebih dari 70 ribu kasus kecelakaan roda dua di Indonesia? Sayangnya, rata-rata korban kecelakaan tersebut terjadi pada anak-anak usia 15-19 tahun. Untuk itulah FDR, mengadakan acara FDR Youth Ride to Safety atau yang dikenal dengan sebutan FDR YOURS.

 “Sebagai pabrikan ban sepeda motor, kami harap dengan diadakannya FDR YOURS, para pelajar bisa belajar tentang pentingnya keselamatan saat berkendara,” kata Elsafan Rendianto, promotion department head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban Federal dan FDR. 

Kegiatan FDR YOURS yang pertama ini diadakan di  SMK Yadika 11, Jatisampurna, Bekasi, Selasa (23/10). Dalam kesempatan tersebut, para pelajar akan belajar tentang bagaimana memilih perlengkapan berkendara yang aman, postur berkendara yang benar, membaca situasi kondisi jalan dan mereka juga diajarkan tentang pengecekan kondisi motor, termasuk cara merawat ban, cara mengenali kapan waktunya ganti ban yang sudah aus dan lain-lain.

Tidak hanya teori tentang bagaimana berkendara sepeda motor yang aman, sejumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini akan langsung mempraktikkannya. Saat praktik safety riding, para peserta bisa belajar bagaimana mengantisipasi situasi yang mungkin dihadapi saat naik motor misalnya dengan melewati lintasan slalom untuk mengajarkan bagaimana menikung cepat di jalan. 

“Ada juga praktik teknik berkendara melewati lintasan lurus dan sempit untuk mengajarkan pengendara motor bagaimana melakukan handling tanpa menurunkan kaki dalam kecepatan rendah dan melatih keseimbangan,” Ponda Hartanto, instruktur safety riding dari PT SRI.

Peserta safety riding yang bisa menyelesaikan praktik dengan kesalahan yang paling sedikit akan dapat hadiah dari FDR. “Kami harap apa yang dipelajari hari ini, akan diingat dan dan dipraktikan oleh para siswa saat berkendara nanti,” ujar Rendi lebih lanjut.

Selain edukasi keselamatan berkendara, FDR juga mengundang blogger/vlogger Kevin A. Legion yang akan berbagi tips-tips tentang cara membuat konten digital kreatif. Semua peserta FDR YOURS yang hadir juga bisa langsung menjajal tips-tips tersebut untuk bikin video instagram. “Ada dua tema yang bisa dibuat, yaitu tentang FDR YOURS dan tentang ban FDR. Video instagram yang paling keren dan kreatif akan dapat hadiah langsung dari FDR!” kata Rendi.

Acara yang dihadiri oleh ratusan pelajar ini juga akan diisi dengan games-games seru dan pertunjukkan dari band pelajar.