Ganti ban untuk perjalanan jauh perhatikan ukuran, pattern dan lot produksi

27 April 2017

Motor menjadi andalan banyak bikers dalam mudik. Perjalanan pulang ke kampung halaman atau silaturahmi ke saudara, sahabat yang jaraknya jauh pun dilakukan dengan berkendara memakai motor kesayangan.

Sebelum melakukan perjalanan mudik atau jauh, bikers banyak yang melakukan pengecekan pada motor. Memeriksa kesiapan motor digunakan perjalanan jauh.

Salah satu komponen yang di cek dan wajib karena langsung behubungan dengan jalan atau aspal adalah ban. Ban yang kondisinya sudah tidak layak seperti sudah melebihi batas pemakaian ban, ban pecah-pecah atau ban gundul ganti saja demi safety di perjalaan jauh atau mudik nanti.

Demikian juga untuk motor yang masih memakai ban dalam. Ingat kembali kondisi bannya, jika ada dan bahkan banyak tambalannya ganti juga demi kelancaran selama perjalanan  dan silaturahmi. 

Hindari resiko atau bahaya yang bisa menghambat perjalanan mudik dari ban ini. Ganti ban motor baik luar dan dalam (untuk yang masih menggunakan) dengan ban baru untuk meminimkan resiko ban rusak selama perjalanan.

Penggantian ban juga jangan sembarangan. Perlu diperhatikan beberapa hal ketika beli ban baru.

1. Ukuran ban

“Ukuran ban ini pilih sesuai dengan standar motornya. Berapa ukuran ban standar motor itu, ikuti,” Jimmy Handoyo selaku Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries produsen ban FDR.

Bila ban sesuai ukuran standar tidak tersedia atau habis, bisa membeli ban di ukuran toleransinya. “Jika ban ukuran standar tidak ada, bisa memakai ukuran yang direkomendasikan yaitu bisa naik atau turun 1 tingkat  dari ukuran standarnya,” terang Jimmy.

2. Alur ban

Perhatikan pattern atau alur ban yang akan dibeli. “Pilih pattern ban yang reguler atau harian. Ban dengan patttern ini cocok untuk dipakai jalan kering dan basah. Hindari pemakaian pattern yang minimalis, seperti ban racing khusus jalan kering,” tambah Jimmy.

3. Lot produksi

Cek juga produksi ban yang akan dibeli. “Pastikan lot produksinya masih baru untuk menjamin ban layak pakai,” tambahnya.

Jangan tergoda ban dengan harga yang sangat murah. Bisa jadi ban tersebut ban lama. Untuk itu cek lot produksinya.

Aman dan lancar perjalanan mudik diawali dari ban.