Tim Indonesia wakili Asia di Driver’s World Championship dan semuanya pakai ban FDR

27 April 2017

Tiga tim Indonesia yang didukung oleh FDR keluar sebagai juara Asia di ajang Driver’s World Champhionship (DWC) 2018, ajang kompetisi adu cepat antar tim kelas Urban Concept Shell Eco Marathon 2018 di Singapura, Minggi (11/3).

Tiga tim tersebut adalah Semar Urban UGM Indonesia yang keluar sebagai juara pertama DWC.  Juara kedua dan ketiga rebut oleh ITS Team Sapuangin dan Garuda UNY  Eco Team. Ketiga tim tersebut menggunakan ban prototipe FDR berteknologi Eco Smart Tire yang punya low rolling resistance atau tahanan gelinding rendah.

 “Kami pasti merasa senang dan tidak menyangka bisa sampai sejauh ini. Puji Syukur kami bisa sampai tahap ini. Harapannya hasil baik tetap bisa didapatkan di Inggris,” kata Antonius Adhika Angkasa, manajer tim Semar Urban UGM Indonesia.

Menurut Dhika dalam menghadapi kompetisi DWC, tim mencoba menyesuaikan gaya mengemudi pengendara  agar mobil tetap irit namun cepat. “Driver kami mencoba memahami karakteristik mobil dan track,” ujar Dhika mengenai kunci keberhasilan tim Semar Urban UGM Indonesia di DWC.

Sedangkan untuk ITS Team Sapuangin yang raih juara ke-2, Driver’s World Championship yang akan digelar di London bulan Juli mendatang akan jadi kompetisi  kali ketiga yang diikutinya. “ITS Team Sapuangin menjadi tim pertama yang tiga kali berturut-turut menjadi perwakilan Asia di Driver's World Championship Dunia,” kata Billy Firmansyah, manajer non teknis ITS Team Sapuangin.

Driver’s World Championship Asia adalah kompetisi yang diadakan di akhir penyelenggaraan Shell Eco Marathon Asia. Kompetisi DWC diikuti oleh empat tim teratas di masing-masing kategori kelas Urban Concept, yaitu Battery-electric, hydrogen, dan Internal Combustion Engine. Tiga tim teratas akan mewakili Asia bersaing dengan tim Amerika dan Eropa untuk untuk memperebutkan tropi juara DWC tingkat dunia. 

“Selamat pada para pemenang. Kami harap di ajang DWC dunia nanti, tim-tim Indonesia bisa menorehkan prestasi terbaik. Kami dari FDR akan terus memberikan dukungannya,” kata Dikkie Darwanto, direktur marketing PT Surayaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.