Ban prototipe FDR pecahkan rekor Asia, capai 401 km dalam liter BBM

06 November 2016
Tim Sadewa Hore dari Universitas Indonesia keluar sebagai pemenang pertama kelas Urban Gasoline pada Kontes Mobil Hemat Energi 2016 dengan berhasil menempuh jarak 401,4 km dalam 1 liter bensin. 
 
Hasil tersebut juga mematahkan rekor terbaik yang pernah mereka capai pada tahun 2014, yaitu 301 km/liter saat berlomba di kejuaraan Shell Eco Marathon tingkat Asia.
 
“Awalnya tim sempat tertinggal tapi kita yakin dengan mobil, driver dan ban FDR yang kami pakai sehingga kami punya mental juara dan bisa membuktikan diri,” kata Jefri Alfonso Sigalingging dari tim Sadewa Hore Universitas Indonesia.
 
Peningkatan penghematan bahan bakar tidak hanya dialami oleh tim dari UI, tapi juga dialami oleh tim-tim lain yang menggunakan ban FDR. “Kami senang FDR bisa mensponsori kompetisi ini karena bisa membangkitkan semangat kami. Tim-tim yang pakai ban FDR pencapaiannya naik semua, bahkan ada yang 100% lebih hemat daripada sebelumnya,” kata Jefri lebih lanjut.
 
Univeritas Pendidikan Indonesia yang meraih juara pertama FDR Award dengan best time lap  2 menit 58 detik menit mencatat perolehan 180,3 km/liter lebih dari dua kali lipat dari rekor mereka sebelumnya di tingkat Asia.
 
“Rekor kami sebelumnya sekitar 80km/liter. Setelah melakukan upgrade mesin dan mengganti parts menjadi low friction, awalnya dari kampus kami hanya menargetkan 110 km/liter, tapi setelah pakai ban FDR hasilnya lebih bagus lagi jadi 180 km/liter,” kata Ramdhani manajer tim Tim Bumi Siliwangi 4 dari UPI.
 
Tim Bumi Siliwangi 4 yang bersaing di kelas Urban listrik ini baru pertama kali menggunakan ban prototipe FDR dalam kompetisi dan mereka pun langsung merasakan perbedaannya antara ban prototipe FDR dengan ban reguler yang mereka pakai sebelumnya.
 
“Setelah pakai ban FDR, mobil langsung terasa lebih ringan, tarikan engine juga lebih ringan sehingga sudah pasti konsumsi bahan bakar jadi lebih irit,” kata Ramdhani.
 
Untuk juara kedua FDR award di KMHE 2016 diraih tim Sadewa Hore dari Universitas Indonesia dengan best time lap 4 menit 5 detik. Juara ketiga FDR award diraih oleh Begawan Team dari Universitas Negeri Sebelas Maret yang merebut juara kelas Urban Diesel setelah berhasil mencatatkan 268,4 km/liter dengan best time lap 4 menit 8 detik. 
 
Berikut daftar pemenang KMHE 2016 dalam masing-masing kategori:
FDR AWARD
1. Bumi Siliwangi - Universitas Pendidikan Indonesia
2. Sadewa - Universitas Indonesia
3. Bengawan Team - Universitas Negeri Sebelas Maret
 
Urban Bensin:
1. Sadewa - Universitas Indonesia
2. Team 3 - Institut Teknologi Sepuluh November
 
Urban Diesel:
1. Team 2 - Institut Teknologi Sepuluh November
2. Bengawan - Universitas Negeri Sebelas Maret
 
Urban Etanol:
1. Cula Satu Banten - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
2. Antawirya - Universitas Diponegoro
 
Urban Listrik:
1. Bumi Siliwangi 4 - Universitas Pendidikan Indonesia
2. Nogogeni - Institut Teknologi Sepuluh Novemberr
 
Proto Bensin:
1. Nakula - Universitas Indonesia
2. Batavia - Universitas Negeri Jakarta
 
Proto Diesel:
1. Apate - Universitas Brawijaya
2. Semar - Universitas Gadjah Mada
 
Proto Etanol
1. Rakata Etanol - Institut Teknologi Bandung
2. Majapahit Mileage - Universitas Brawijaya
 
Proto listrik:
1. Batavia Electra - Universitas Negeri Jakarta
2. Apate 2 - Universitas Brawijaya
 
Juara Umun: Universitas Indonesia
Best Team: Universitas Pendidikan Indonesia
Best Video: Universitas Gadjah Mada